Wednesday 6 February 2013

Tiga Tahun Bersama Bank Mandiri





           





Saya menggunakan layanan Bank Mandiri dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Saya merasa puas dengan layanan dan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Bank Mandiri. Berikut adalah kemudahan dan kelebihan yang saya dapat selama saya menjadi nasabah Bank Mandiri :


1. Pertukaran Pelajar


          Pada tahun 2010 saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika selama sepuluh bulan. Awalnya saya bingung bagaimana caranya agar saya bisa menerima kiriman uang bulanan untuk biaya hidup saya selama belajar di Amerika. Ternyata membuka rekening di Bank Mandiri merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Membuka rekening di Bank Mandiri sangatlah mudah, dengan setoran awal sebesar Rp 500.000 saya sudah dapat memiliki rekening Mandiri Tabungan. Selama menjalani sepuluh bulan program pertukaran pelajar di Negeri Paman Sam saya mendapatkan kemudahan untuk menerima uang bulanan dari kedua orangtua saya. Saya bisa mengambil uang tunai hampir di seluruh ATM yang saya jumpai di Amerika. Dengan Mandiri Tabungan saya bisa bertransaksi di 1.700.000 ATM berlogo khusus di seluruh dunia. Hal ini merupakan kelebihan dari Mandiri Tabungan yang menawarkan kemudahan kepada nasabahnya untuk bertransaksi dimanapun. 



[ pertukaran pelajar di Duluth, Minnesota-United States ]

2. Perguruan Tinggi Impian
          
          Pada tahun 2012 saya berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri yang selama ini saya dambakan. Bank Mandiri membantu saya untuk mewujudkan impian ini. Salah satu persyaratan untuk diterima di perguruan tinggi negeri ini adalah dengan mengikuti ujian saringan masuk perguruan tinggi. Pada saat itu biaya pendaftaran ujian saringan masuk bisa dibayar melalui teller bank atau transfer melalui Bank Mandiri. Dengan menjadi nasabah Bank Mandiri saya mendapat kemudahan untuk mentransfer biaya pendaftaran ujian saringan masuk perguruan tinggi. Bahkan pada saat itu beberapa teman saya meminta bantuan saya untuk mentransfer uang pendaftaran mereka melalui rekening Bank Mandiri yang saya miliki. Setelah melalui berbagai proses saringan masuk perguruan tinggi negeri akhirnya saya diterima di perguruan tinggi tersebut. Bank Mandiri menjadi bagian dari cerita kesuksesan saya untuk medapatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi negeri tersebut.


 photo gifpal-20130207150616_zps5b7ab7c1.gif

[ bersama Bank Mandiri meraih impian ]

3. Satu dari Seratus Mahasiswa Baru yang Beruntung

          Hari pertama saya belajar di perguruan tinggi yang saya dambakan sangatlah berkesan. Pada saat itu saya mengikuti seminar sekaligus penyambutan mahasiswa baru. Bapak Zulkifli Zaini selaku Direktur Utama Bank Mandiri diundang sebagai pembicara pada seminar tersebut. Bapak Zulkifli Zaini menginspirasi saya dalam berbagai hal, salah satunya yaitu etos kerja Beliau yang begitu tinggi. Di akhir seminar, Bapak Zulkifli Zaini mengumumkan bahwa Bank Mandiri memberikan hadiah bagi 100 orang mahasiswa baru beruntung yang membayar biaya pendidikan awal melalui Bank Mandiri. Lima hari kemudian saya diberitahu bahwa saya adalah satu dari seratus mahasiswa baru beruntung yang memenangkan hadiah e-Toll Card dari Bank Mandiri. Tak jarang Bank Mandiri memberikan hadiah menarik kepada para nasabah. Di awal bulan Januari ini saya baru saja mendapatkan USB flash drive dari Bank Mandiri karena saya membayar uang biaya perkuliahan semester dua melalui Bank Mandiri. Bank Mandiri selalu memiliki cara tersendiri untuk memuaskan nasabahnya.


 photo etollusb_zpsd5f83ce2.gif


[ hadiah e-Toll Card dan USB flash drive dari Bank Mandiri ]


4. Executive Lounge Nyaman

     
        Pengalaman mengesankan lainnya adalah saat saya berpergian jauh bersama ayah saya, saya selalu bisa masuk ke lounge yang berada di bandara. Disana saya bisa menunggu keberangkatan pesawat saya dengan nyaman. Fasilitas ini bisa saya dapatkan karena ayah saya menggunakan layanan Mandiri Prioritas. Dengan layanan Mandiri Prioritas seorang nasabah Bank Mandiri bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas khusus dari Bank Mandiri. Fasilitas yang disediakan oleh Bank Mandiri kepada nasabah-nasabahnya selalu memuaskan.



[ sumber gambar : http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-prioritas-outlet.asp ]

5.  Bahagia itu Sederhana


          Saya sering mendapatkan diskon menarik di restoran-restoran kesukaan saya. Diskon ini saya dapatkan karena saya melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan debit Mandiri. Tak jarang saya mengajak teman-teman untuk makan bersama saat ada diskon di restoran kesukaan saya. Menyantap makanan favorit menjadi jauh lebih menyenangkan bersama teman-teman. Di beberapa kesempatan lainnya ibu saya menggunakan Mandiri Kartu Kredit untuk mendapatkan promosi-promosi menarik, baik saat kami makan di restoran maupun saat berbelanja di toko pakaian. Memang betul bahwa bahagia itu sederhana selama kita bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayang dan mendapat kemudahan dari Bank Mandiri. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki Mandiri Kartu Kredit? Berikut link untuk mendaftarkan diri Anda sebagai pemilik Mandiri Kartu Kredit http://www.mandirikartukredit.com/aplikasi .


[ sumber gambar : https://www.mandirikartukredit.com/product/goldandsilver ]






Selain kemudahan dan kelebihan yang telah saya sebutkan diatas, Bank Mandiri juga memiliki layanan lain seperti: Mandiri KTA, Mandiri KPR, dan Mandiri tabungan rencana. [ referensi : www.bankmandiri.co.id ]

1. Mandiri KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Mandiri KTA merupakan layanan kredit perorangan yang diberikan oleh Bank Mandiri  kepada calon peminjam dana yang memenuhi persyaratan. Sesuai dengan namanya, layanan kredit perorangan ini tentunya tanpa agunan. Terdapat lima pilihan jangka waktu kredit yang memungkinkan peminjam dana untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya. Limit kredit dari layanan Mandiri KTA ini mencapai Rp 200 juta. Selain memberikan pinjaman dana kepada pengguna layanan Mandiri KTA, perlindungan asuransi jiwa juga diberikan kepada peminjam dana.

Ketentuan dan persyaratan untuk menjadi peminjam dana Mandiri KTA adalah sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia dan berusia minimum 21 tahun, maksimum 55 tahun pada saat kredit lunas

2. Memiliki pekerjaan dengan pengasilan tetap per bulan, minimal Rp 2.500.000 (bagi calon peminjam dana yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung)

3. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap per bulan, minimal Rp 2.000.000 (bagi calon peminjam dana yang berdomisili di luar Jabodetabek dan Bandung)




[ sumber gambar : http://www.consumerloan.bankmandiri.co.id/assets/images/header-kta.jpg ]

2. Mandiri KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Mandiri KPR adalah layanan kredit pemilikan rumah yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada perorangan. Kredit pemilikan rumah ini dapat digunakan untuk keperluan pembelian tempat tinggal. Jangka waktu dari kredit pemilikan rumah ini mencapai lima belas tahun.

Mandiri KPR memiliki berbagai keunggulan bagi para peminjam dana. Calon peminjam dana dapat mendapatkan pinjaman dana secara cepat dan mudah. Setelah calon peminjam dana memenuhi seluruh persyaratan maka calon peminjam dana bisa menggunakan layanan Mandiri KPR dengan uang muka ringan dan suku bunga yang kompetitif. Jangka waktu pelunasan Mandiri KPR fleksibel sampai dengan lima belas tahun. Kerjasama yang dilakukan oleh Bank Mandiri dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia memungkinkan pengguna layanan Mandiri KPR mendapatkan penawaran-penawaran menarik untuk pembelian tempat tinggal.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Mandiri KPR, berikut persyaratan untuk permohonan Mandiri KPR :

1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia dan berusia minimum 21 tahun, maksimum 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun (profesional atau wiraswasta)

2. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun (profesional atau wiraswasta)

3. Melengkapi dokumen-dokumen persyaratan





[ sumber gambar : http://www.consumerloan.bankmandiri.co.id/assets/images/header-kpr-multiguna.jpg ]


3. Mandiri Tabungan Rencana

Mandiri Tabungan Rencana merupakan layanan tabungan yang mewajibkan nasabah untuk menyetorkan biaya wajib bulanan. Biaya wajib bulanan ini menguntungkan nasabah sebab biaya wajib bulanan ini memberikan perlindungan asuransi bagi nasabah yang menggunakan layanan Mandiri Tabungan Rencana.

Mandiri Tabungan Rencana memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. Sebagai tabungan yang memberikan jaminan asuransi, Layanan Mandiri Tabungan Rencana memberikan kebebasan kepada Anda untuk menambah dana ke rekening Anda di luar setoran bulanan. Anda juga bebas menentukan setoran bulanan dengan jumlah minimal Rp 100.000 per bulan sesuai dengan kesanggupan dan kebutuhan Anda. Setiap nasabah Bank Mandiri yang menggunakan layanan Mandiri Tabungan Rencana akan mendapatkan perlindungan asuransi gratis yang jumlahnya bervariasi hingga Rp 5.000.000 per bulan. Keunggulan lainnya yaitu layanan Mandiri Tabungan Rencana memiliki suku bunga tertinggi diantara layanan Mandiri Tabungan lainnya.

Setelah mengetahui keunggulan-keunggulan dari layanan Mandiri Tabungan Rencana pasti Anda tertatrik untuk menggunakan layanan Mandiri Tabungan Rencana. Berikut persyaratan untuk membuka Mandiri Tabungan Rencana :

1. Mengisi formulir aplikasi

2. Mengisi formulir pernyataan kesehatan

3. Merupakan nasabah Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro

4. Calon pengguna layanan Mandiri Tabungan Rencana berusia minimum 18 tahun dan maksimum 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo



[ sumber gambar : http://www.bankmandiri.co.id/images/2009/promo/promo_koki_24022009.jpg ]

       

Bank Mandiri selalu berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal bagi nasabahnya. Tentunya akan ada banyak kemudahan dan kelebihan yang kita dapat saat kita memilih Bank Mandiri. Apapun keinginan Anda, selalu pecayakan pada Bank Mandiri.





 [ sumber video : http://youtu.be/y5UicfHy3g0 ]




Referensi : 







147 comments:

  1. wahh kereeen banget kak critanya.

    ReplyDelete
  2. Makasih hanief. Doain aku menang ya

    ReplyDelete
  3. iyaah moga2 menang kak, bagus kok postingnya :D

    ReplyDelete
  4. Postingnya bgus nih,Aku juga pake mandiri,walau masih belum 1 tahun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pake bank mandiri selalu beruntung jadi aku senang. makasih ya defza udah ngasih komentar

      Delete
  5. iya nih setuju banget! keren!

    ReplyDelete
  6. boleh dicoba th mandiri, nice post ninda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren kaaaan makanya pake mandiri aja :) makasih ya widi komennya

      Delete
  7. sayangnya bank mandiri kurang rekanan sama kampus saya :(

    ReplyDelete
  8. Waaaaaaah Ninda keren banget , mau dong mau :D

    ReplyDelete
  9. Chandra Gumelar Aulia7 February 2013 at 03:01

    Wah, bank Mandiri benar - benar memberikan yang terbaik ya buat nasabahnya..
    Good Luck buat Kuliahnya... :D

    ReplyDelete
  10. nice post kak....

    ReplyDelete
  11. Top....cerita dan ulasannya interesting. Good luck

    ReplyDelete
  12. Btari Chandra Kesumanegoro7 February 2013 at 06:39

    Nice article ninda! After reading this gue jd mikir kalo milih bank mandiri untuk tempat gue nabung is definitely a perfect and right choice. Ga nyesel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih btari :) coba temen-temen lo suruh baca artikel ini juga siapa tau bisa jadi inspirasi.

      Delete
  13. candini kusuma wardhani7 February 2013 at 06:41

    mau dong mba ninda makan-makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ayo candi kita makan-makan. kamu ke bandung makanya!

      Delete
  14. menarik sekali artikelnya

    ReplyDelete
  15. Althaf Humam Wardhana7 February 2013 at 06:44

    mandiri kece deh, jadi mau coba pake mandiri apalagi ada e-tollnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha makasih ya komennya althaf :) mandiri memang kece!

      Delete
  16. ohh ternyata bisa buka rekening mandiri di amerika yaa? mandiri keren sekali..

    ReplyDelete
  17. Nice one Sist, berguna buat kita-kita yang lagi pilih-pilih bank buat nabung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih :) Apapun keinginan Anda, selalu pecayakan pada Bank Mandiri.

      Delete
  18. wah ga salah nih gue pake mandiri hmm

    ReplyDelete
  19. idelle loulembah7 February 2013 at 06:49

    itb sama bank mandiri kerja sama? keren bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga tau del tapi emang sering banget Bank Mandiri bagiin hadiah-hadiah begitu.

      Delete
  20. Terimakash komennya teman-temanku :)

    ReplyDelete
  21. wah menginspirasi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ifi baca tulisanku. Makasih fi, doain menang ya :) Ajakin yang lain buat baca juga.

      Delete
  22. nindaaaa bagus bgt blog nya mandiri emg oke bgt ya wkt itu aja ngasih usb 4gga gratis gara2 bayar semesteran huhu terharu sm mandiri. Bravo mandiriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Irham juga dapet usb ya? Sengaja banget loh bayar lewat Bank Mandiri supaya dapet usb. Apapun keinginan Anda, selalu pecayakan pada Bank Mandiri.

      Delete
  23. Ooo jadi ini rahasianya ya.. Keren keren! (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zar. Makasih udah mampir ke blog ini. Kangen banget zar!!!

      Delete
  24. Jadi inget dulu kita sering nyari diskon di restoran yang ada promo bank mandirinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih fiy kita harus jalan-jalan lagi. Makasih udah baca tulisanku :) Doakan menang ya.

      Delete
  25. Waaah asik niiih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas adi udah baca tulisanku, ajakin yang lain mampir ke blog ini juga yaa :)

      Delete
  26. kece niiiinn....
    mandiri emang suka baik koook (?) haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dini pake mandiri juga ngga? Makasih dini udah baca tulisanku. Ajakin CaPS yang lain untuk baca juga ya.

      Delete
  27. Setuju bgt ninda bank mandiri emg baik bgt sm kita2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah baca tulisanku. Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri saja.

      Delete
  28. Wah ga nyangka mandiri sekeren itu fasilitasnya. Makasih ka info2 mandirinya. Semoga menang yaaaaaa. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir ke blog aku ing. Mandiri memang keren

      Delete
  29. wah nin menginspirasi banget artikelnya semoga menang. mau dong usb mandirinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas reza :) Bagus loh usb ini 4 giga. Ayu suruh baca juga dong tulisanku di blog ini.

      Delete
  30. wah jadi tertarik ingin menggunakan mandiri. kalau menang traktir traktir ya kk nin

    ReplyDelete
  31. Woy kalo menang bagi2 yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap nashir :) makasih udah mau baca tulisan gue dan udah komen

      Delete
  32. Traktir gua dong nin. Mandiri oke banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini siapa ya kok anonymus? Makasih banyak komentarnya sangat membantu semoga aku menang. Makasih sudah baca tulisanku

      Delete
  33. Nice post nin

    ReplyDelete
  34. Moga2 menang nin! Rajin banget lo nyuruh semua anak CaPS baca. Traktirannya jangan lupa ye :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong gue memang rajin. Makasih komennya shau!

      Delete
  35. Replies
    1. Makasih mut :) makasih juga udah baca tulisanku.

      Delete
  36. bagusss...
    semangat....
    jangan nakal
    jangan merokok
    inget pesan orang tua..

    ReplyDelete
  37. bagus bgt nin blognya, semoga gua bisa bikin blog juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diga bikin buku angkatan aja yang bener ngga usah bikin blog hehehe. Makasih diga komennya!

      Delete
    2. Makasih juga udah baca tuisanku.

      Delete
  38. Replies
    1. hahaha iya ini lomba yang selama ini aku ceritain.

      Delete
  39. jadi ini yang bikin heboh di cc barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya doooong. makasihya udah baca tulisanku :)

      Delete
  40. semoga menang nin bikin makrab lagi ya kalo menang

    ReplyDelete
  41. semoga menang, kalo menang makan2 yak kita haha

    ReplyDelete
  42. semoga menang lah nin, harus makan2 nih kalo menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua CaPS minta makan-makan deh. Doain menang dulu dong.

      Delete
  43. Mantap...... Sukses selalu.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak, terimakasih sudah baca tulisan saya.

      Delete
  44. wah saya juga langganan mandiri karena posting ini saya jadi tau kalau pakai mandiri banyak keuntungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali kalau tulisan ini bisa menginspirasi Anda :) Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri saja.

      Delete
  45. waduh bagus amat ya mandiri...coba saya tahu kalau mandiri punya fasilitas ambil tunai di luar negeri pasti istri saya waktu kejadian meletus gunung di islandia dan semua penerbangan di cancel sampai berhari-hari. istri saya terpaksa tinggal dibandara waktu itu di new york, cilakanya uang saku istri saya sudah habis sementara selama di bandara harus membeli makanan. saat itu saya terpaksa kontak semua teman-teman siapa yang punya saudara di newyork dan minta tolong bisa dipinjamin uang dulu ke istri saya. tahu mandiri bisa ambil di atm di luar negeri, tinggal ambil karena istri saya punya atm mandiri.......thanks ya atas infonya pasti akan kita manfaatkan fasilitas mandiri yg canggihhhhhhh ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita menarik. Ya Bank Mandiri memang memiliki layanan yang memungkinkan kita untuk mengambil uang tunai di tiap ATM berlogo tertentu diseluruh dunia. Senang bisa berbagi cerita :)

      Delete
  46. info yang sangat bagus (y)
    saya juga ingin ikut pertukaran pelajar. saya mau minta dibukakan rekening mandiri sama ayah saya ah biar bisa memanfaatkan fasilitas mandiri secara langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca tulisan saya. Senang bisa berbagi cerita

      Delete
  47. wah pengalmaan pribadi, menarik tulisannya. mengena dan aplikatif :)

    ditunggu kunjungan baliknya, mbak

    http://andri0204.wordpress.com/2013/01/19/bank-mandiri-dalam-perspektif-teori-jejaring-sosial/

    ReplyDelete
  48. Semoga menang ya nin

    ReplyDelete
  49. Keren lah pokoknya!

    ReplyDelete
  50. Terimakasih atas infonya yaa. Semoga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa berbagi cerita :) Terima kasih dukungannya

      Delete
  51. Semoga menang anindaaaaaa

    ReplyDelete
  52. wah wah kren banget sist ^_^
    ane udah lama pengen ke amrik hik hik ngiri jadinya
    btw artikelnya bermanfaat banget neh buat ane yang baru jadi nasabah mandiri.
    ehem smoga kita bsa menjadi juara utama ya di kompetisi ini amin amin

    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya. Terima kasih juga supportnya. Semoga kita bisa menjadi juara utama :)

      Delete
  53. Keren nih, banyak info bermanfaat. Semoga menang nin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas ade :) makasih udah mau baca dan ngasih komentar.

      Delete
  54. Ngga nyangka ninda bisa nulisa kaya gini. Semoga menang!

    ReplyDelete
  55. Semoga menang mba ninda

    ReplyDelete
  56. Tulisannya menarik sekali. Mandiri punya banyak kejutan ternyata.

    ReplyDelete
  57. Berguna sekali fasilitas loung jika sedang melakukan perjalanan panjang. Saya tertarik untuk bisa memiliki akses lounge bank mandiri. Nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan bisa di cek info lebih lanjutnya di www.bankmandiri.co.id

      Delete
  58. Artikelnya keren euy, semoga menang nin.

    ReplyDelete
  59. gaya banget nin fotonya. traktir ayu ya nin kalo menang

    ReplyDelete
  60. Nice Share kakak....
    pengalamannya manteb2 dah pokoknya,, hehehe..

    main2 jugak sambil ninggal jejak ke artikel ogut yak..

    Kesini ::

    http://pernahkahkita.blogspot.com/2013/01/berakit-rakit-ke-hulu-berenang-renang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah baca tulisanku, siap aku baca juga tulisan kamu.

      Delete
  61. cieeee ninda semangat semoga menang!!!!

    ReplyDelete
  62. keren deh nin

    ReplyDelete
  63. kak ninda blognya keren banget, aku doain menang kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih adila :) makasih udah mau baca dan ninggalin komen.

      Delete
  64. semangat kak nin
    !!

    ReplyDelete
  65. Rania Dian Savitri10 February 2013 at 18:35

    halo kak

    ReplyDelete
  66. jadi pengen buka tabungan di bank mandiri deh.

    semoga menang ninda

    ReplyDelete
  67. Nisrina Nur Amalina11 February 2013 at 08:36

    Ndooy semangat terus update blognyaa, gue inget pas lo bikin ini waktu sma dulu haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAAH makasih noy. iya gue bikin blog ini di x inter a di komputer belakang. <3

      Delete
  68. Terima kasih ata kunjungan dan komentarnya :)

    ReplyDelete
  69. You're so awesome! I do not believe I have read a single thing like that before. So great to find another person with some original thoughts on this topic. Really.. many thanks for starting this up. This site is something that is needed on the web, someone with a little originality!

    Also visit my blog post: 목사님 설교 - 하늘의 아버지 (이문주목사-음성)

    ReplyDelete
  70. If some one desires expert view concerning blogging and site-building then i recommend him/her to
    go to see this webpage, Keep up the nice job.



    Also visit my site: visit

    ReplyDelete